Pages

Kamis, 18 Februari 2010

Keit Harrel, Attitude is Everything

Keit Harrel, Attitude is everything. Seringkali kita tidak menyadari bahwa jika kita ingin sukses dan berhasil dalam segala hal, kunci utamanya terletak pada diri kita sendiri, yah sejauh mana kita bisa mengelola dan mengendalikan kualitas sikap kita menjadi sikap yang positif. Sebagaimana kekayaan dan kesuksesan tidak terlahir dari faktor genetika atau keturunan, begitu juga halnya dengan sikap positif, melainkan lebih dengan latihan-latihan yang baik dan terasah.
Dan tahukah kita apakah aset yang paling berharga dalam hidup kita?, apakah harta, rumah mewah, mobil atau yang lainnya? Yah.. sering kali kita terjebak bahwa aset berharga yang kita miliki adalah barang-barang mewah dan mahal atau perusahaan dan usaha yang kita miliki, padahal aset yang paling berharga adalah sikap positif kita.
Bisa jadi orang lain akan memperhatikan baju apa yang kita kenakan, jam tangan merek apa yang kita pakai atau telpon genggam kita keluaran terbaru atau masih jadul. Bisa jadi perhatian pertama orang lain adalah performance fisik, tapi tahukan kita bahwa hal yang paling mengesankan orang lain, point penting yang mengesankan penilaian diri kita oleh orang lain adalah bagaimana kita bersikap, menyikapi sesuatu dengan sikap positif atau negatif, kita sendirilah yang menentukannya.
Dan tidak ada salahnya kita belajar dengan seorang pelatih sikap, Keit Harrel yang dipaparkannya dalam buku “Attitude is everything”,
sehingga kita lebih bisa mengelola dan mengendalikan sikap kita menjadi sikap yang lebih positif, tidak hanya mencapai kesuksesan kerja tapi juga kesuksesan dalam segala hal.
1. Memahami kekuatan sikap
Sikap kita menentukan siapa diri kita sebenarnya dan sesungguhnya, itulah kekuatannya. Dan terkadang kita tidak begitu bisa mengontrol dan mengendalikan sikap kita di saat-saat sulit sehingga sikap negatif kitalah yang mendominasi.

2.Bertanggung jawab atas kehidupan
Apa yang ada di pikiran kita akan mempengaruhi pilihan kita, pilihan-pilihan inilah yang menentukan setiap langkah dan tindakan yang akan kita ambil dalam kehidupan kita. Maka apapun yang kita pikirkan dan kita putuskan harus dipertanggungjawabkan, tidak hanya sekedar bertanggung jawab sepenuhnya setelah memutuskan, terlebih harus lebih bertanggung jawab memilih sikap-sikap yang lebih positif dalam melangkah.

3.Menyadari sepenuhnya sikap-sikap yang menghalangi
Belum terlambat jika saat ini kita belum mengenal sikap-sikap pribadi kita yang menghalangi diri untuk sukses dan berhasil. Mulailah saat untuk menganalisa sikap-sikap apa saja yang telah membelenggu diri untuk lebih bersikap baik dan positif kepada diri kita sendiri dan orang lain.

4.Mengubah kerangka sikap buruk
Kita merasa kita pemarah?, bisa jadi kita termasuk orang yang tidak bisa memaafkan diri kita sendiri. Maka rubahlah sikap kita menjadi seorang yang pemaaf, dan kita lebih bisa memaafkan diri kita sendiri dan dengan sendirinya kitapun akan lebih mudah untuk memaafkan orang lain.

5.Menemukan tujuan dan keinginan
Ada baiknya kita melakukan analisa SWOT dalam menetapkan tujuan dan keinginan kita, sehingga lebih terarah dengan baik.

6.Pro aktif
Siapkan diri untuk menghadapi keadaan penuh tantangan yang cenderung membawa sikap negatif yang dapat menghalangi semua rencana kita.

7.Temukan cara memotivasi diri sendiri
Mencari motivasi dari luar diri itu sangat baik, dan akan lebih baik lagi jika kita menemukan motivasi dari diri sendiri.

8.Membangun hubungan yang mendukung
Jalin hubungan baik dengan sesorang atau orang lain. Dan carilah dukungan orang lain sebaik mungkin untuk membantu menghindari sikap negatif dan membantu anda untuk membangun sikap positif. Sebagaimana pepatah mengatakan “berteman dengan penjual minyak wangi, maka kita akan kecipratan wanginya, jika berteman dengan pandai besi maka kita juga akan kecipratan bau besinya”.

9.Memandang perubahan sebagai sebuah kesempatan
Perubahan merupakan salah satu tantangan terbesar terhadap sikap positif, hadapi dan jangan pernah menyerah ketika mengalami suatu perubahan kecil maupun perubahan besar dalam hidup anda. Walau mungkin sikap yang kita ambil menentang arus, tapi yakinlah perubahhan itu adalah kesempatan yang baik untuk lebih sukses dan berhasil.

10.Ciptakan warisan abadi
Tanamkanlah buah positif yaitu benih pengharapan, dukungan dan cinta. Dari sini kita dapat melakukan sesuatu yang sangat berarti baik untuk keluarga, sahabat, maupun masyarakat luas. Ciptakan dalam diri kita suatu komitmen yang cukup untuk mengelola sikap. dan temukanlah kekuatan sikap kita dalam perjalan hidup kita ke arah yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar